Rabu, 12 Agustus 2020 | 13:20 WIB

Visit our social media :
Home / Transportation / Ports
Senin, 15 Juni 2020 17:31

Pelindo 1 Gandeng FKS Solusi Logistik Operasikan Terminal Curah Kering di Pelabuhan Belawan

Translog Today

MEDAN -

PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) dan PT FKS Solusi Logistik, anak perusahaan dari PT FKS Multi Agro Tbk, menjalin kerja sama pemanfaatan dan pengoperasian Terminal Curah Kering di Pelabuhan Belawan, Medan.

Kerja sama tersebut dituangkan dalam perjanjian kerja sama yang ditandatangani oleh General Manager Pelindo 1 Cabang Pelabuhan Belawan Yarham dan Direktur PT FKS Solusi Logistik Bong Welly Swandana dan Lucy Tjahjadi.

Penandatanganan perjanjian digelar di Grha Pelindo Satu Medan, Senin (15/6), yang dilakukan secara virtual di Medan dan Jakarta serta disaksikan Direktur Operasi dan Komersial Pelindo 1 Syahputera Sembiring dan Direktur Utama PT FKS Multi Agro Tbk Po Indarto Gondo.

“Untuk mengoptimalkan pengoperasian Terminal Curah Kering milik Pelindo 1 di Pelabuhan Belawan, Pelindo 1 menggandeng PT FKS Solusi Logistik sebagai mitra strategis serta berperan sebagai cargo owner. Dengan penandatanganan ini, kami berharap segera diproses dan berjalan sesuai standar," kata Syahputera.

Saat ini, total cargo curah kering komoditas pangan dan pakan melalui Pelabuhan Belawan sekitar 1,4 juta ton per tahun dan mayoritas melalui curah kering dibandingkan dengan peti kemas.

Belawan sebagai pelabuhan utama milik Pelindo 1 yang terbesar di Sumatera, memiliki panjang alur pelayaran 9 mil dengan fasilitas layanan bisnis utamanya adalah terminal curah cair, terminal curah kering, bongkar muat cargo, peti kemas, terminal penumpang, jasa pandu dan tunda, terminal shorebase, serta penyewaan lahan, alat dan gudang di lingkungan pelabuhan.

Komoditas ekspor unggulan di Pelabuhan Belawan yakni minyak sawit dan turunannya, bungkil sawit, serta karet. Sedangkan untuk komoditas impor unggulannya mayoritas melalui curah kering, meliputi: gandum, makanan ternak, dan gula pasir.

“Pelabuhan Belawan terus melakukan pengembangan layanan untuk mendukung peningkatan logistik Indonesia. Kerja sama ini diharapkan mengoptimalkan Terminal Curah Kering untuk memberikan nilai tambah bagi pengguna jasa, yaitu dengan peningkatan produktivitas bongkar komoditas curah kering 10.000 ton/hari guna mempercepat alur distribusi barang dan efisiensi biaya logistik," jelas Syahputera.

Po Indarto menyambut baik kerja sama itu yang diharahpkan berjalan dengan baik dengan didukung fasilitas sehingga meningkatkan efisiensi waktu kegiatan bongkar muat di Pelabuhan Belawan. “Kami akan terus mendukung untuk meningkatkan cargo curah kering dan bermanfaat bagi Indonesia, khususnya wilayah Indonesia bagian barat," ujarnya.

PT FKS Solusi Logistik bergerak di bidang logistik untuk meningkatkan value chain “Port Handling, Warehousing, dan Trucking" dengan tujuan mengoptimalkan kecepatan proses bongkar, menjaga kualitas cargo, dan memastikan pengiriman tepat waktu bagi customer food & feed.

Anak perusahaan PT FKS Multi Agro Tbk ini berpengalaman mengoperasikan sejumlah terminal curah kering di berbagai wilayah Indonesia. (hlz/hlz)


Komentar