Minggu, 01 November 2020 | 08:21 WIB

Visit our social media :
Home / Logistic / Warehousing
Sabtu, 13 Juni 2020 13:16

Airin Manfaatkan Lahan PT IKI Perkuat Layanan Logistik dan Jasa Kepelabuhanan

Akhmad Mabrori

GRESIK -

PT Industri Kapal Indonesia (Persero) dan PT Indonesian Air & Marine Supply (Airin Logistik) bersinergi dengan menjalin Kerja Sama Operasi (KSO) optimalisasi lahan.

Penandatangan KSO dilakukan oleh Dirut Utama PT IKI Edy Widarto dan Direkur Utama PT Indonesian Air & Marine Supply (Airin) M. Rudolf Valintino di Gresik, Jawa Timur, Jumat (12/6). Kegiatan tersebut juga difasilitasi oleh manajemen PT Barata, dimana Dirut PT Barata juga selaku Ketua Klaster Industri Manufaktur.

PT IKI adalah BUMN yang bergerak di bidang usaha jasa pembangunan kapal, perbaikan dan pemeliharaan kapal dan alat apung lainnya, memiliki aset tetap berupa lahan kosong yang memiliki potensi bisnis untuk dioptimalkan sehingga dapat memberikan nilai tambah bagi perseroan.

Adapun Airin merupakan anak perusahaan PT Dok & Perkapalan Kodja Bahari (Persero), yang bergerak dalam kegiatan jasa logistik, depo Tempat Penimbunan Sementara (TPS) pergudangan dan memiliki ijin sebagai Badan Usaha Pelabuhan (BUP).

Penandatangan KSO tersebut sebagai upaya mewujudkan sinergi antar BUMN dalam mendorong efisiensi lini bisnis kedua perusahaan demi mewujudkan peningkatan perekonomian nasional

Acara itu turut disaksikan melalui jaringan online atau virtual oleh Dirut PT Barata  Fajar Harry Sampurno, Dirut PT DKB (Anggota Klaster) Wahyu Suparyono, Dirut PT INKA (Anggota) Budi Novi, Dirut PT Dok Perkapalan Surabaya/DPS (Anggota) serta Dirut PT Boma Bisma Indra (BBI) sebagai Anggota.

Sinergi BUMN

KSO itu meliputi aset tetap yang dimiliki oleh PT IKI dapat dioptimalkan dan dikembangkan oleh Airin untuk kegiatan logistik, pergudangan dan jasa kepelabuhanan lainnya dalam bentuk sinergi antar BUMN dan afiliasinya.

Penandatangan KSO juga menindaklanjuti penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) antara PT IKI dan PT DKB pada 10 Juni 2020, sekaligus sebagai landasan dalam melakukan kerja sama tersebut. Kemudian, selaku induk, PT DKB menunjuk anak usahanya yakni Airin Logistik untuk melakukan KSO dengan PT IKI.

KSO optimalisasi lahan tersebut untuk kegiatan dalam bidang jasa logistik, pergudangan baik gudang terbuka maupun gudang tertutup serta kegiatan jasa kepelabuhanan lainnya. Lahan tersebut milik PT IKI di dua lokasi, yang terletak di Kelurahan Kaluku Bodoa, Kecamatan Tallo-Kota Makassar dan di Kelurahan Pateten Dua, Kecamatan Aertembaga-Kota Bitung.

Di Makassar, terletak di Kaluku Badoa, Kecamatan Tallo – Kota, (di area PT Industri Kapal Indonesia), dengan luas 103.972 m2. Adapun lokasi Bitung, terletak di Keluarahan Pateten Dua, Kecamatan Aertembaga – Kota Bitung (di area PT Industri Kapal Indonesia), dengan luas 22.855 m2.

Rudolf mengatakan, maksud dan tujuan KSO, sebagai perwujudan sinergi antar BUMN dan afiliasinya, dalam mengelola dan mengembangkan usaha/kegiatan tersebut sehingga tercipta sinergi yang efektif dan efisien

KSO di berinama ‘KSO IKI-AIRIN’ yang bersifat non administratif/tidak berbadan hukum. Kendati begitu, KSO diwajibkan membuat laporan keuangan setiap bulan dan akhir tahun sesuai prinsip akuntansi yang berlaku di Indonesia. Setiap akhir tahun akan dilakukan audit kepada KSO oleh Kantor Akuntan Publik.

“Adapun jangka waktu KSO akan dirumuskan dengan memperhatikan dan mempertimbangkan kegiatan usaha yang dilakukan serta investasi yang diperlukan,” ujar Rudolf yang juga menjabat Wakil Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Tempat Penimbunan Sementara Indonesia (Aptesindo) dan pengurus KADIN.

Di sela-sela kesempatan penandatangan KSO, juga dilakukan komunikasi secara virtual dan mengemuka wacana untuk melakukan kerjasama pengelolaaan lahan antara PT Barata dengan PT Airin. Selain itu juga kerja sama pemanfaatan lahan PT DPS maupun INKA dengan PT Airin.

“Kami apresiasi dan berterima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung sehingga acara tersebut dapat berlangsung sukses,” kata Rudolf. (bt) (hlz/hlz)


Komentar