Rabu, 12 Agustus 2020 | 10:28 WIB

Visit our social media :
Home / Transportation / Trucking
Senin, 08 Juni 2020 14:30

Audiensi dengan DPP Aptrindo, Wali Kota Jakarta Utara Sampaikan Apresiasi

Translog Today

JAKARTA -

Pengusaha truk yang tergabung dalam Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) menggelar pertemuan dengan Wali Kota Jakarta Utara, Senin (8/6). Selain bersilaturahmi, mereka menyampaikan perkembangan organisasi dan usaha trucking di DKI Jakarta, khususnya wilayah Jakarta Utara dan Pelabuhan Tanjung Priok.

Wali Kota Jakarta Utara Sigit Wijatmoko dan jajarannya menerima langsung rombongan Aptrindo yang diwakili Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat (DPP) Aptrindo Gemilang Tarigan, Sekjen DPP Aptrindo Wisnu W. Pettalolo, dan Waketum DPP Aptrindo Koordinatoriat Jakarta Dharmawan Witanto.

Gemilang Tarigan mengatakan audiensi ini sebagai wujud harmonisasi kemitraan antara regulator dan pelaku usaha trucking, khususnya di Ibukota Jakarta. “Kami berterimakasih kepada jajaran Pemkot Jakut atas terselenggaranya audiensi ini, sehingga memperkuat bersinergi antara pelaku usaha dan pemerintah,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Aptrindo menyampaikan sejumlah masukan kepada Pemkot Jakut berkaitan dengan rencana penataan tata ruang dan tata wilayah (RTRW) di wilayah Jakarta Utara, sebab hal tersebut sangat berkaitan dengan keberadaan lokasi garasi (tempat parkir) perusahaan trucking di wilayah administratif Jakut.

“Selain bersilaturahmi, kedatangan kami kali ini adalah untuk meminta penjelasan langsung kepada Bapak Walikota Jakarta Utara mengenai rencana tata ruang dan wilayah tersebut mengingat hal itu berhubungan langsung dengan perusahaan anggota kami yang home base di Jakarta,” ujar Dharmawan, Waketum DPP Aptrindo Koordinatoriat Jakarta.

Pada kesempatan itu, Walikota Jakarta Utara Sigit Wijatmoko menyambut antusias pertemuan tersebut dan menerima masukan-masukan yang disampaikan oleh para pelaku usaha trucking yang tergabung dalam Aptrindo.

Pertemuan audiensi itu tetap memerhatikan protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19, dan disiarkan transparan secara virtual kepada pengurus dan anggota Aptrindo melalui jaringan online atau daring.

Pertemuan itu juga memperkenalkan keberadaan organisasi Aptrindo yang saat ini beranggotakan 1.900 perusahaan truk di seluruh Indonesia, termasuk yang beroperasi di Ibu Kota dan Pelabuhan Tanjung Priok.

Kepada Pemkot Jakut, Aptrindo memperkenalkan keberadaan struktur kepengurusan Aptrindo yang mewadahi para pengusaha truk di Jakarta yang bernaung di bawah DPP Aptrindo Koordinatoriat Jakarta. Hal ini sesuai hasil Musyawarah Nasional (Munas) ke-2 Aptrindo yang telah disahkan oleh seluruh peserta Munas pada Maret 2020 dan diamanatkan dalam AD/ART Aptrindo.

Hasil Munas ke-2

Sementara itu Sekjen DPP Aptrindo Wisnu W Pettalolo mengatakan, saat ini keberadaan organisasi Aptrindo tetap solid dan pelayanan kepada seluruh perusahaan anggota di seluruh daerah-daerah berjalan dengan baik.

“Kita akan fokus kerja dan bekerja untuk komitmen menjalankan hasil Munas ke-2 Aptrindo,” ujarnya.

Sebagai informasi, Munas ke-2 Aptrindo pada Maret 2020 diikuti oleh 21 pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) dan 13 DPC. Munas tersebut mengesahkan dengan suara bulat untuk menggabungkan/melebur nomenklatur kepengurusan DPD Aptrindo DKI Jakarta menjadi satu dengan DPP Aptrindo guna mengefektifkan pengelolaan organisasi.

Rancangan peleburan nomenklatur DPD DKI ke DPP Aptrindo itu juga telah dituangkan tertulis dalam buku panduan Munas yang telah diterima seluruh peserta Munas sebelum forum tertinggi asosiasi itu di gelar.

Dengan demikian (sesuai hasil Munas), terhadap keberadaan nomenklatur DPD DKI Jakarta ditiadakan dan secara otomatis ditangani langsung oleh DPP Aptrindo. Adapun DPD-DPD lainnya, masih tetap dan tidak ada perubahan.

Setelah itu, Sidang Pleno DPP Aptrindo memutuskan Waketum DPP Aptrindo Dharmawan Witanto, sebagai Kordinatoriat Aptrindo Jakarta untuk menjalankan fungsi tersebut. (hlz/hlz)


Komentar