Rabu, 12 Agustus 2020 | 13:29 WIB

Visit our social media :
Home / Regulation / Maritime
Jumat, 05 Juni 2020 19:44

Optimalkan Pelayanan PPID di Ditjen Hubla, Kemenhub Siapkan SI DOEL

Translog Today

JAKARTA -

Kementerian Perhubungan menyiapkan layanan Sistem Informasi dan Dokumentasi Elektronik (SI DOEL) guna mengoptimalisasikan pelayanan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) di lingkungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut.

Melalui SI DOEL, pelayanan permohonan informasi dilakukan secara online untuk meminimalkan pertemuan antara petugas PPID dan masyarakat selaku pemohon informasi terutama di masa pandemi Covid-19 saat ini.

"Pelayanan masyarakat tidak boleh terhenti meski di tengah pandemi ini. SI DOEL memastikan masyarakat yang akan meminta informasi ke Ditjen Perhubungan Laut akan dapat dilayani secara online oleh petugas PPID kami," kata Kepala Bagian Organisasi dan Humas Wisnu Wardana di acara Sosialisasi Sistem Informasi dan Dokumentasi Elektronik (SI DOEL) tahap I melalui virtual meeting, Kamis (4/6).

Sosialisasi yang dihadiri oleh perwakilan dari PPID Unit Pelaksana Teknis (UPT) di lingkungan Ditjen Perhubungan Laut tersebut memberikan gambaran pentingnya pemanfaatan sistem online di saat pandemi Covid-19, terutama dalam memberikan pelayanan ke masyarakat.

Menurut Wisnu, dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik disebutkan bahwa setiap Badan Publik wajib memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk mengakses informasi publik.

Selama ini, PPID dalam melayani masyarakat dilakukan secara manual yaitu melalui tatap muka dan datang ke kantor pusat maupun UPT untuk bertemu dengan petugas PPID agar permohonan informasinya dapat dilayani.

“Dengan adanya SI DOEL ini, tentunya akan mempermudah masyarakat mendapatkan informasi secara online di alamat www.hubla.dephub.go.id yang bisa diakses darimana saja,” ujarnya.

SI DOEL merupakan sarana layanan berbasis web untuk masyarakat atau pemohon informasi dalam mendapatkan informasi dari Badan Publik, mengetahui status permohonan informasi dari Badan Publik.

Layanan ini juga menyediakan berdasarkan jenis informasi, yaitu informasi yang wajib disediakan dan diumumkan secara berkala, informasi yang wajib diumumkan secara serta merta dan informasi yang wajib disediakan setiap saat, sehingga permohonan informasi melalui SI DOEL menjadi sangat mudah, cepat, biaya ringan dan efisien.

“SI DOEL juga dapat memberikan kemudahan dalam melakukan pengawasan dan pelaporan terhadap pelaksanaan layanan informasi PPID Pelaksana UPT di lingkungan Ditjen Hubla serta memberikan kemudahan dalam memonitor permohonan informasi yang disampaikan kepada PPID Pelaksana Pusat kepada PPID Pelaksana UPT di lingkungan Ditjen Hubla,” kata Wisnu.

Saat ini layanan SI DOEL masih dalam proses penyempurnaan sehingga masukan dari peserta sosialisasi sangat dibutuhkan sehingga akan menjadi aplikasi yang terintegrasi dengan Sistem Elektronik Hubla Terintegrasi (SEHATI).

“Ke depan diharapkan dalam pelayanan PPID tercipta sistem layanan informasi dan dokumentasi terintegrasi dan terlaksananya Keterbukaan Informasi Publik di lingkungan Ditjen Hubla secara elektronik,” tutup Wisnu. (hlz/hlz)


Komentar