Kamis, 02 Juli 2020 | 22:32 WIB

Visit our social media :
Home / Transportation / Ports
Sabtu, 23 Mei 2020 15:54
Rapat Kerja I Tahun 2020 Pelindo IV

Terdampak Covid-19, Pendapatan Pelindo IV Tetap Tumbuh 8,9%

Aidikar M. Saidi

MAKASSAR -

PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) memproyeksikan pendapatan tahun ini tumbuh 8,9% dibandingkan dengan realisasi tahun lalu, meskipun kegiatan perseroan terdampak pandemi Covid-19.

Direktur Utama Pelindo IV Prasetyadi mengungkapkan, dari 25 pelabuhan cabang yang dikelola dan tiga anak perusahaan yang dimiliki perseroan, semuanya tidak ada yang mengalami kerugian.

Hasil tersebut terangkum dalam Rapat Kerja I Tahun 2020 yang dilaksanakan pada Senin hingga Rabu (18-20 Mei 2020) yang dihadiri oleh jajaran komisaris, direksi, para general manager pelabuhan cabang dan direksi anak perusahaan.

“Rapat Kerja tersebut bertujuan untuk menyamakan kesepahaman pemikiran, melakukan cascading dan alignment terhadap program Rencana Kerja dan Anggaran Perusahaan (RKAP) Tahun 2020 dan menetapkan strategi yang tepat di masa pandemi Covid-19,” jelas Prasetyadi, Sabtu (23/5).

Dia mengatakan, hingga kini tidak ada aktivitas bongkar muat yang terhenti, semua masih berjalan normal dengan protokol pencegahan Covid-19 yang telah ditetapkan. Pelayanan di sejumlah pelabuhan juga masih tetap 24 jam dan 7 hari dalam seminggu selama pandemi Covid-19.

Meskipun pandemi Covid-19 tengah melanda, tuturnya, tiga Proyek Strategis Nasional (PSN) dan proyek internal perseroan tetap berjalan sesuai dengan yang direncanakan. PSN tersebut, yakni Makassar New Port (MNP), Pelabuhan Pantoloan dan Pelabuhan Bitung.

“Tiga PSN ini tetap berjalan normal. Selain itu, beberapa proyek investasi internal seperti penambahan alat dan peningkatan infrastruktur di beberapa pelabuhan juga tetap berjalan sesuai rencana,” ujar Prasetyadi.

Beberapa pelabuhan yang tahun ini akan mendapat penambahan alat berupa Shore Crane, di antaranya Pelabuhan Sorong dan Terminal Petikemas Makassar (TPM). Adapun peningkatan infrastruktur container yard (CY) atau lapangan penumpukan dilaksanakan di Pelabuhan Sorong.

Secara umum, menurut Prasetyadi, Pelindo IV tidak terdampak secara signifikan akibat pandemi Covid-19 karena perseroan fokus pada pelayanan, terutama logistik yang dibutuhkan oleh masyarakat.

Dia juga menegaskan, manajemen tidak melakukan pengurangan pegawai baik organik maupun tenaga outsourcing di masa pandemi ini. “Begitu juga dengan kesejahteraan pegawai tetap diberikan tanpa ada pengurangan,” ujarnya.

Prasetyadi menambahkan, pihaknya sudah menandatangani Perjanjian Kerja Bersama (PKB) dengan Serikat Pekerja Pelindo IV, sebagai motivasi dan komitmen direksi dan perwakilan karyawan untuk senantiasa meningkatkan kinerja perusahaan yang pada gilirannya berdampak terhadap kesejahteraan pegawai.

“Mari kita sama-sama berdoa, semoga pandemi ini segera berlalu dan tidak berlanjut atau tidak berlangsung lama hingga akhir tahun nanti,” ungkapnya. (hlz/hlz)


Komentar