Rabu, 12 Agustus 2020 | 10:06 WIB

Visit our social media :
Home / Transportation / Land Transport
Rabu, 01 Juni 2016 18:26
MUDIK LEBARAN 2016

Damri Siapkan 700 Bus Mudik Lebaran, Tiket Bisa Dipesan Online

Editor

JAKARTA - Perum Damri menyiapkan 700 bus untuk angkutan mudik Lebaran 2016, meningkat dari tahun sebelumnya sebanyak 630 bus.

Plt Direktur Utama Perum Damri Sarmadi Usman mengatakan pihaknya siap melayani angkutan mudik di 13 titik pelayanan di Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Sumatera.

"Penumpang juga tidak perlu melakukan pembelian tiket secara manual karena sekarang telah tersedia pemesanan tiket online melalui www.ayobis.com. Ke depan, kami akan bekerja sama dengan perusahaan otobus lainnya," kata Sarmadi, Rabu (1/6/2016).

Menurut dia, PO bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) yang tergabung dalam Organisasi Angkutan darat (Organda) segera bergabung dengan sistem tersebut.

Sistem pemesanan tiket bus secara online iru sudah bisa dimanfaatkan masyarakat untuk mudik. Penumpang bahkan dapat memesan kursi sesuai dengan keinginan.

Adapun mekanisme pembayaran dapat dilakukan melalui transfer rekening bank yang tersedia, dompetku, t-cash, atau XL Tunai.

Direktur Keselamatan dan Pelayanan Damri I Gede Pasek Suardika mengatakan pihaknya melakukan ramp check dan random check kendaraan untuk angkutan mudik.

"Lebaran ini kami juga akan mengantisipasi kemungkinan penambahan jumlah armada dan petugas lapangan," ujarnya.

Dia mengatakan petugas bus Damri diwajibkan menyambut penumpang, mengajak penumpang berdoa sebelum berangkat, dan pengemudi dilarang menggunakan telepon genggam saat beroperasi.

Apabila pengemudi kedapatan menggunakan telepon genggam, manajemen tidak segan untuk memecat petugas tersebut. "Masyarakat boleh mengawasi dan melaporkan penyalahgunaan tugas atau pelayanan ke call center Damri," katanya. (hlz/hlz)


Komentar