Senin, 21 September 2020 | 09:23 WIB

Visit our social media :
Home / Logistic / Freight/Cargo
Sabtu, 03 Oktober 2015 20:29

Angkutan Kargo Kereta Api China Anjlok 10,9%

Translog Today
Kereta kargo China (repro)

BEIJING -

Volume kargo kereta api China, indikator utama dari aktivitas ekonomi di negara itu, merosot lagi dalam 8 bulan pertama tahun ini.

National Development and Reform Commission dalam situs resminya mengungkapkan kereta api mengangkut 2,26 miliar ton kargo selama Januari-Agustus, anjlok 10,9% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu, dan turun 9,4% dari kuartal pertama.

Pada Agustus saja, kereta api mengangkut 280 juta ton kargo, anjlok 15,3% dibandingkan dengan bulan yang sama tahun lalu.

Kondisi ini sejalan dengan indeks kunci aktivitas manufaktur pada bulan lalu yang menunjukkan titik terendah sejak Agustus 2012.

Menurut data National Bureau of Statistics (NBS) and the China Federation of Logistics and Purchasing, seperti dikutip Xinhua, Purchasing managers' index (PMI) manufaktur China pada Agustus tercatat 49,7. Angka di atas 50 berarti ekspansi, sebaliknya menunjukkan kontraksi.

PMI September sedikit naik menjadi 49,8, berbaalik dari penurunan selama 2 bulan sebelumnya. Meski demikian, masih mengalami kontraksi empat kali berturut-turut selama tahun ini, mengindikasikan penurunan permintaan dan tekanan di industri manufaktur.

Manufaktur merupakan pendorong utama pertumbuhan ekonomi China. PDB negara itu tumbuh 7% pada semester pertama tahun ini, sejalan dengan target pertumbuhan pemerintah tetapi masih berada di level terendah sejak kuartal kedua 2009. (hlz/hlz)


Komentar